Hidup dalam Jama’ah : Arkanul Bai’at

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dulu bermusuh-musuhan, maka Allah menjinakkan antara hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya.” (QS Ali Imran : 103)

“Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat.” (QS Ali Imran : 105)

“Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata : Rasulullah saw bersabda, “Tangan Allah bersama jama’ah.” (HR. Tirmidzi)

“… dan sesungguhnya millah ini akan berpecah menjadi 73 golongan, 72 golongan masuk neraka dan yang satu masuk surga; golongan ini adalah jama’ah.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

Islam mengajarkan dan menyuruh umatnya untuk berada dalam sebuah jama’ah. Seperti yang juga diucapkan oleh Umar bin Khattab ra., barangsiapa menginginkan kenikmatan surga, maka hendaklah ia senantiasa berkomitmen dengan jama’ah. Di masa ini saat jama’atul muslimin tidak lagi ada, kita berkewajiban membentuknya kembali, jika tidak ingin termasuk dalam salah satu dari 72 golongan yang dijanjikan neraka.

Hidup berjama’ah tidak bisa disamakan dengan hidup tanpa jama’ah. Sebagaimana tidak ada paksaan dalam memasuki agama Islam, namun jika mengikutinya maka seseorang wajib mengikuti peraturan dan tatanan yang ada di dalamnya. Dalam hidup berjama’ah ada hal-hal yang harus dipenuhi, yang tanpanya seseorang tidak bisa bertahan di dalam jama’ah.

Salah satu hal yang harus dipenuhi itu adalah arkanul bai’at. Dalam tulisan yang bertahap (agar tidak terlalu panjang dan bisa dibaca) ana ingin sampaikan tentang arkanul bai’at yang ana rasakan aplikasinya oleh aktifis di lapangan. Semoga bermanfaat.

 

Categories: Dakwah | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: