MA’RIFATUL ISLAM

Makna Islam Tujuan materi Peserta mampu :

  1. Memahami dasar-dasar yang membentuk istilah Islam serta mampu membedakan dari dasar-dasar konsep hidup
  2. Memahami bahwa Islam adalah tunduk kepada wahyu Allah yang diturunkan kepada para nabi sebagai aturan (hukum) yang merupakan jalan yang lurus menuju keselamatan dunia dan akhirat.
  3. Menyadari bahwa Islam adalah pedoman hidup dari Allah yang tinggi dan tiada kerendahan di dalamnya.

Keterangan Secara bahasa al-islam diambil dari akar kata salima. Dari akar kata ini didapati kata-kata:

  1. Islaamul wajhi yang berarti menundukkan wajah. (QS 4:125)
  2. Al-istislaam yang berarti berserah diri (QS 3:83).
  3. As-salaamah yang berarti keselamatan, kebersihan, kesehatan (QS 26:89).
  4. As-salm atau as-silm yang berarti perdamaian, kedamaian (QS 47:35).

Kata-kata di atas membentuk satu kata al-Islam (QS 3:19,85). Artinya jika seseorang tunduk dan berserah diri kepada Allah Swt maka ia akan selamat dan merasakan kedamaian hidup dalam naungan-Nya, bebas dari rasa takut dan cemas. Makna al-Islam sesuai konteks kalimatnya antara lain:

     

  1. Ketundukan (al-khudhu’) (QS 3:83, QS 24:51)
  2. Wahyu Allah (al-wahyul ilahi) (QS 53:4, QS 21:7).Islam identik dengan kitab sucinya yaitu Al-Qur’an dan AS-Sunnah yang menjadi penjelasnya.
  3. Agama para nabi dan rasul (diinul anbiya’ wal mursalin) (QS 2:138, QS 3:84). Rasulullah saw bersabda : “kami para nabi adalah saudara seayah karena pangkal agama kami satu.” (HR Bukhari)
  4. Hukum-hukum Allah (ahkamullah) (QS 5:48, 50). Islam adalah sistem yang memuat hukum-hukum Allah di dalam Al-Qur’an, Sunnah, ijma’ maupun qiyas.
  5. Jalan yang lurus (ash-shirathal mustaqiim) (QS 6:153). Islam adalah satu-satunya sistem hidup yang lurus karena ia adalah sistem Allah yang didasarkan pada pengetahuan dan kebijaksanaan-Nya yang maha luas.
  6. Keselamatan dunia dan akhirat (salamatud dunya wal akhirah) (QS 16:97, QS 28:77). Karena berislamlah seorang muslim akan dapat merasakan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Karena itu Islam kemudian menjadi sistem yang paling unggul/tinggi dan tiada yang mengalahkan keunggulannya (al-islamu ya’lu wa la yu’la ‘alaihi) (QS 48:28, QS 9:33)

Sifat Islam Tujuan materi Peserta mampu :

  1. Memahami sifat-sifat agama islam dengan jelas dan menyeluruh
  2. Menjelaskan bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang sempurna
  3. Menjelaskan bahwa islam merupakan nikmat Allah yang paling sempurna
  4. menjelaskan bahwa hanya islamlah agama yang diridhai Allah
  5. menjelaskan bahwa Islam adalah agama yang sesuai firah manusia.

Keterangan Islam memiliki sifat-sifat yang tidak dimiliki agama dan sistem apa pun yaitu :

  1. Ia adalah agama/sistem yang sempurna (ad-dienul kamil) (QS 5:3, QS 2:133,286). Karena Islam adalah agama terakhir yang menyempurnakan agama-agama sebelumnya. Islam mengatur seluruh aspek kehidupan, dunia maupun akhirat.
  2. Nikmat yang sempurna (an-ni’matut-tammah) (QS 5:3, QS 31:20, QS 30:30). Islam adalah nikmat Allah yang paling sempurna. Barangsiapa mendapatkannya berarti ia telah mendapatkan nikmat yang sangat besar. Dan nikmat itu hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad saw yang dijuluki ummatan wasathan (sebagai saksi atas umat manusia di dunia dan akhirat)
  3. Agama/sistem yang diridhai (ad-dinul mardhiyyu) (QS 49:15, QS 48:10, QS 89:27-28). Allah menyatakan dan menegaskan bahwa Islam adalah agama yang diridhai-Nya. Syari’at samawi yang diturunkan sebelumnya tidak lagi berlaku, masanya telah lewat dan tidak lagi diridhai. Apalagi agama atau kepercayaan lainnya, jelas ditolak.
  4. Agama fitrah (ad-dinul fitrah) (QS 30:30, QS 24:30, QS 33:59, QS 4:1-2). Karena Islam diturunkan Sang Pencipta alam semesta dengan segala ketentuan kauniyahnya, maka Islam adalah sistem yang sejalan dengan fitrah kauniyah itu. “Aku telah menciptakan hamba-hamba-Ku dalam keadaan hanif/fitrah, tapi kemudian setan menggelincirkan mereka dari agama (fithtahnya) itu.” (hadits qudsi)

Kesempurnaan Islam Tujuan materi Peserta mampu :

  1. Memahami gambaran menyeluruh dari Islam sebagai asas/pokok, bina’/bangunan, maupun muayyidat/penyangga dengan hubungan-hubungannya.
  2. Menyebutkan contoh-contoh penyelesaian aktual secara Islami dalam bidang kehidupan bermasyarakat.
  3. Menyadari bahwa Islam merupakan sistem hidup yang lengkap dan sempurna sehingga terdorong untuk masuk Islam secara menyeluruh.

Keterangan Sebagai sistem yang diciptakan oleh Allah Yang Maha Sempurna, Islam memiliki kesempurnaan yang tidak dimiliki oleh sistem manapun. Kesempurnaan Islam (syumuliyatul islam) (QS 2:208) mencakup :

  1. Kesempurnaan zaman (syumuliyatuz-zaman) (QS 34:28, QS 21:07, QS 33:40). Sudah berlaku sejak awal penciptaan manusia dan akan terus berlaku hingga akhir zaman. Seluruh nabi dan rasul membawa risalah yang sama yaitu membebaskan manusia dari penghambaan kepada makhluk menuju penghambaan kepada Al-Khaliq. Nabi Muhammad saw menjadi penutup era kenabian, maka tidak ada lagi risalah setelah itu.
  2. Kesempurnaan sistem/pedoman (syumuliyatul minhaj) (QS 29:6, QS 29:69, QS 47:31, QS 3:104, QS 111:1-5, QS 112:1-4, QS 16:125, QS 41:33). Islam adalah sistem komprehensif yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Pondasi Islam (al-asas) : aqidah atau keyakinan dan ideologi. Bangunan utamanya (al-bina’) : akhlak (moral dan perilaku terhadap sesama) dan ibadah (sikap terhadap Al-Khaliq). Tiang penopangnya (al-mu ayyidat) : jihad dan dakwah yang menjamin keutuhan dan kekokohan bangunan secara keseluruhan.
  3. Kesempurnaan tempat (syumuliyatul makan) (QS 22:40, QS 2:163-164, QS 2:29, QS 67:15). Islam diturunkan untuk seluruh alam, bukan terbatas untuk bangsa Arab atau bangsa tertentu, tanpa membeda-bedakan warna kulit, ras maupun keturunan. Karena pencipta manusia adalah Pencipta yang Satub(wihdatul khaliq) yaitu Allah Swt. Dan mereka semua tinggal di alam dan planet yang sama (wihdatul kaum).

Kesempurnaan dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa Islam adalah sebuah sistem dan pedoman hidup (minhajul hayah) yang sempurna. Karakteristik Dienul Islam

  1. Rabbaniyah (QS 42:13). “Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungannya.” (QS Ali Imran/3 : 19)
  2. Insaniyah (QS 21:107). “Dan Kami tidak Mengutus engkau (Muahammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS Saba’ : 28)
  3. Syamil mutakamil . “Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.” (QS Al-Baqarah/2 : 208)
  4. Al-basathah (mudah) . “Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Di telah Memilih kamu, dan Dia tidak Menjadikan kesukaran untukmu dalam agama. (Ikutilah) agama nenek moyangmu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamakan kamu orang-orang Muslim sejak dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur’an) ini, agar Rasul (Muhammad) itu menjadi saksi atas dirimu dan agar kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. Maka laksanakanlah shalat dan tunaikanlah zakat, dan berpegangteguhlah kepada Allah. Dialah Pelindungmu, Dia sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.” (QS Al-Hajj : 78)
  5. Al-‘adalah (adil) (QS 6:152, QS 4:135). “Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, sampai dia mencapai (usia) dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya. Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabat(mu) dan penuhilah janji Allah. Demikianlah Dia Memerintahkan kepadamu agar kamu ingat.” (QS Al-An’am:152)
Categories: FK Unand, Mentoring | Tags: , | 6 Comments

Post navigation

6 thoughts on “MA’RIFATUL ISLAM

  1. Asw..mb salam kenal dari Salsa..
    izin u share ma adik2 kelas ya materi ma’rifatul-Islamnya…
    jazakillah..sangat bermanfaat.

  2. rahmi

    subhanallah..salam kenal..sya alumni forstudi fsi pertanian ua..temen dr.Nike Prasamya

  3. syukran, jzkillah… sangat bermanfaat sekali. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: