Mencari ‘Sesuatu’ di Keagungan Tuhan-nya Vidi

“Insyaflah wahai manusia, jika dirimu bernoda…”

Begitulah lirik yang mengawali lagu Keagungan Tuhan, yang kini dinyanyikan oleh Vidi Aldiano. Lagu yang bagus, dan pada satu kesempatan aku melihat videonya di salah satu saluran TV. Aku pun mengikuti video itu dari awal sampai selesai, berharap menemukan ‘sesuatu’ dari lagu itu.

Dan akhirnya, ‘sesuatu’ yang kucari itu pun, tidak kutemukan.

Video itu diawali dengan pemandangan pemain-pemain basket dan beberapa gadis remaja yang sedang berjalan kaki dengan ceria. Vidi melihat mereka dari jendela, kemudian masuk dan mulai menyanyikan lagunya.

Video itu terus berjalan, dan suasana yang dilihatkan adalah suasana yang ceria, pemain basket dan gadis remaja tadi tampak nge-dance bareng. Kemudian diperlihatkan orang-orang lainnya, dari semua kalangan usia. Mereka semua tampak senang dan bahagia, di malam hari mereka menari dan bermain bersama. Sampai videonya selesai.

‘Sesuatu’ itu tidak ada… dan aku kecewa.

Lagu itu lagu yang bagus kan, dan punya pesan di dalamnya. Lagu itu sebenarnya ingin mengingatkan kita untuk mempersiapkan diri menghadapi hari besar yang akan datang, yang hanya Allah Sang Pencipta yang tahu kapan datangnya. Karena itu kita harus membersihkan noda-noda dalam diri kita, kemudian menjaga dan memeliharanya agar tidak ternoda lagi. Dan untuk itu kita harus senantiasa ingat betapa agungnya Allah SWT.

Tapi, dalam video itu hanya ditampakkan keceriaan, tanpa beban, dan… tidak ada nilai Islaminya.. Bahkan perempuannya, tak ada satu pun yang menutup aurat. Jadi di mana ‘sesuatu’ yang disampaikan oleh lagu itu? Pada awalnya aku mengira pemain basket dan gadis remaja yang diperlihatkan di awal video akan berubah di akhir video. Pemain basket mungkin akan tetap menaati syari’at dan tidak meninggalkan dzikrullah meski tetap bermain basket. Dan gadis remaja itu mungkin akan mengubah penampilannya dari yang terbuka menjadi gadis kalem yang menutupi auratnya dengan jilbab. Namun sepertinya lagu itu hanya dibuat untuk menunjukkan kekompakan dan keceriaan.

Sayang ya, video itu membuat pesannya jadi tak tersampaikan, malah secara tidak langsung memberi kesan tidak berjilbab dan menari bersama dengan non muhrim itu tidak salah. Lagu yang semestinya bisa membantu menguatkan ruh terutama untuk memasuki Ramadhan itu, malah hanya menjadi sekadar hiburan komersil untuk ‘menyambut’ bulan Ramadhan. Wallahu a’lam.

Categories: Opini | Tags: , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Mencari ‘Sesuatu’ di Keagungan Tuhan-nya Vidi

  1. jundullah

    Assalamu’alaikum wr wb
    inilah kekurangan dari insan di negeri ini,
    kurang pemahaman terhadap agama.
    Kita do’akan semoga Allah SWT. menambahkan nikmat Islam untuk bangsa kita, Indonesia.

  2. hmm sbnrnya c blom liat video clip itu sih, tp klo dnger ceritanya emg dah ketebak aja tu k, komersilitas… entahlah mngkin para enterntain masih ‘alergi’ dg hal yang ‘terlalu’, mungkin mrk mrsa tll ‘islami’ tu ga bgs..entahlah…
    oia, k liat page c y, http://checool.blogspot.com/2009/08/utak-atik-nama.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: